Hadits Tsulatsiyat Imam Al-Bukhori




Salah satu sanad hadits aly Imam Al- Bukhori yang terkenal adalah Tsulatsiyat Bukhori, yang mana antara ulama yang meriwayatkan hadits tersebut, (Imam Al-Bukhari) dengan Nabi shallahu ‘alaihi wasallam hanya terdapat tiga perawi saja.


Gambarannya adalah Imam Al -Bukhori, kemudian dari perawi diatasnya adalah generasi Tabiut Tabiin dan berlanjut ke generasi diatasnya adalah generasi Tabiin dari Shahabat dan di puncak adalah Nabi shallahu ‘alaihi wasallam. Inilah sanad hadist imam Al-Bukhari yg paling tinggi (aly), sedang Sanad imam Al-Bukhari paling rendah (nazil) ada 9 tingkatan perawi. 
Total terdapat 22 hadist tsulatsiyat dari Imam Bukhori, Alhamdulillah Al faqir sendiri berkesempatan mengikuti majelis sanad qiraat wa simai' ke 22 hadist tersebut dari Syaikh Abdurrahman An Nahwi . Ke 22 hadist tersebut terkumpul melalui jalur Sanad Makiy bin Ibraahim dari Yazid bin Abiy ‘Ubaid dari Salamah bin Al Akwa radhiallahu anhu 11 hadits, dari Adh Dhahaak bin Makhlad dari Yazid bin Abiy ‘Ubaid dari Salamah bin Al Akwa radhiallahu anhu 6 Hadits, dari Muhammad bin ‘Abdillah Al Anshaariy dari Humaid Ath Thaawil dari Anas bin Malik radhiallahu anhu 3 Hadits, dari ‘Ishaam bin Khaalid dari Hariz bin ‘Utsman dari ‘Abdullah bin Busyr radhiallahu anhu 1 Hadits, dan dari jalan Khallad bin Yahya dari ‘Isa bin Thahmaan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu 1 Hadits. Jadi jika ditotalkan berjumlah 22 hadits.

Timbul sebuah pertanyaan apa faidah dari 
 Hadits Tsulatsiat Shahih Bukhari ini? Terdapat beberapa faidah diantara nya adalah: 

1. Ketinggian dan bagusnya Sanad, 

2. Kedekatan dengan sebaik-baik generasi salaf, 

3. Kemudahan dalam mengecek para rijal sanad, 

4. Lebih dekat kepada keshahihan hadits, 

5. Mudah dihafal, karena jalur dan jumlahnya sedikit.

(Demikian yang Al faqir hanya bisa jelaskan dari hasil kajian kemarin sore, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang ilmu hadist)

 Wallahualam.

Jami' Al azhar , 25 juni 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masjid Sultan Muayyad

Citadel of Saladin

Filosofi Arsitektur Masjid Kuno Rembitan