Citadel of Saladin

Ketika baru pertama kali sampai di Kairo, ada satu tempat yang menarik perhatian saya yaitu bangunan megah yang menyerupai benteng dan membentang di atas bukit Muqattam. Bangunan tersebut dapat dilihat dengan jelas dari kejahuan karena letaknya diatas bukit. Para Masisir pun sudah tidak asing dengan benteng tersebut yang bernama Benteng Salahuddin atau Qal'ah Jabal. Sesuai dengan namanya bangunan tersebut dibangun oleh Shalahuddin Al Ayubi yang memiliki nama asli Abul Muzhaffar Yusuf bin Najmuddin Ayyub bin Syadziy bin Marwan pada tahun 1176 - 1183 dan disempurnakan pada tahun 1208 dengan tujuan untuk melindungi kota Kairo dari serangan tantara salib Ketika itu.

Bangunan Qal'ah ini menjadi salah satu bukti dari kecerdasan seorang Shalahuddin yang memilih bukit Muqattam sebagai letak pembangunan benteng dengan tujuan mempermudah dalam melakukan penyerangan dan pengintaian sekaligus.

Dari beberapa sumber juga diceritakan bahwa Ketika Shalahuddin ingin membangun benteng tersebut ia meletakan sepotong daging ditempat yang lain (Kairo), kemudian daging tersebut hanya bertahan dalam waktu satu hari satu malam, namun Ketika ia meletakkan daging yang lain diatas bukit Muqattam (tempat benteng tersebut) dapat bertahan selama waktu dua hari dua malam, atas dasar itu dibangunlah benteng di tempat tersebut.

Selain benteng Shalahuddin ada beberapa

bangunan lain yang menghiasi nya, diantarnya :

1. Masjid Muhammad Ali Pasha 



 2. Masjid Muhammad Bin Qalawoon 

3. Museum Tentara 

4. Museum Polisi

5. Qashrul Jauhara

مدينة البعوث الإسلامية, ١٩ فبراير ٢٠٢٤

صديق محمد




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masjid Sultan Muayyad

Filosofi Arsitektur Masjid Kuno Rembitan